Berita

KONSOLIDASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA SALIMBATU “ Keterampilan Keamanan Pangan dan Pelatihan Cabut Duri Bandeng”

KONSOLIDASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA SALIMBATU “ Keterampilan Keamanan Pangan dan Pelatihan Cabut Duri Bandeng”

 

Dinas Sosial Kabupaten Bulungan melaksanakan kegiatan Konsolidasi Pemberdayaan Keterampilan Usaha Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan Prov. Kaltara. Pada hari Selasa Tanggal 13 Juni 2023 bertempat Gedung Pertemuan Desa Salimbatu.

Kegiatan ini didasari oleh rencana kerja Dinas Sosial Kab. Bulungan, Seksi Perlindungan Jaminan Sosial dan sejalan dengan target SDM PKH (Pendamping PKH) dalam rangka membuat rancangan graduasi mandiri bagi KPM PKH di Kabupaten Bulungan. Sebelum dinyatakan lulus dari PKH atau graduasi mandiri, KPM PKH dibekali ilmu dan keterampilan berusaha.

KPM PKH di Desa Salimbatu memiliki potensi usaha mengelolah hasil sumber daya alam yaitu memanfaatkan hasil laut, baik itu ikan bandeng dan udang kering. Pendamping PKH Wil. Tanjung Palas Tengah Ainun Jariah, membaca peluang dan mempelajari potensi KPM PKH di wilayahnya dengan memperkuat komitmen untuk memulai usaha dengan mengikuti kegiatan dari Dinas Sosial Kabupaten Bulungan.

Melalui Kepala Dinas Sosial, yakni Plt. Kadis bapak Perdinan, SE, menugaskan Plt. Kabid Rahabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial bersama dengan Analis Jaminan Sosial (Martini Djumianti, S.Sos), Koordinator PKH Bulungan (Saswito Wibowo, S.Pd), dan Pendamping PKH lainnya (Dina dan Carles) untuk melaksanakan kegitan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kab. Bulungan dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapan di Kabupaten Bulungan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Persaudaraan Musliman (PD. SALIMAH) Kab. Bulungan dengan diutus nya ibu Rismi sebagai narasumber. Dengan jiwa wirausahanya, narasumber memberikan motivasi dan semangat kepada 20 peserta (KPM PKH) dengan memanfaatkan hasil alam, kita bisa menghasilkan pendapatan lebih jika giat berusaha. Untuk pemasaran BATARI (Bandeng Tanpa Duri) akan ditindaklanjuti langsung oleh narasumber dengan bekerja sama Toko YUMNA.

Dukungan juga diucapkan oleh Camat Tanjung Palas Tengah diwakili Kasi Kesos dan Kepala Desa Salimbatu diwakili Sekretaris Desa Salimbatu, TKSK Tanjung Palas Tengah. Bahwa kegiatan ini adalah bentuk konsekuensi penerima bansos agar siap untuk diberdayakan dan jangan terus mengharapkan menerima bantuan. Mandiri lebik baik.

Amr.

Related Articles

3 Comments

  1. Semoga kedepan program2 Dinsos Kab. Bulungan semakin inovatif, dan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan Masyarakat Kab. Bulungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button