Berita

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan DTKS Dan Penguatan Kapasitas SDM Operator SIKS-NG Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Bulungan Tahun 2023

DTKS, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Kab. Bulungan

Tanjung Selor- Guna pemuktahiran data kemiskinan Kabupaten Bulungan yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maka Dinas Sosial Kabupaten Bulungan melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan DTKS dan Penguatan Kapasitas SDM Operator SIKS–NG Desa/kelurahan se-Kabupaten Bulungan tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan dan dihadiri oleh 7 Operator Kelurahan dan 74 operator desa dan pelaksanaan kegiatan di Gedung BPU Kantor Camat, dimulai sejak bulan Februari diawali di Kecamatan Peso Hilir (24/02/2023) dan diakhiri di Kecamatan Bunyu pada Selasa (13/06/2023).

Kegiatan Sosialisasi ini dianggap penting untuk dilaksanakan agar operator SIKS – NG Desa/ Kelurahan dapat melaksanakan kegiatan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) seperti proses pengusulan data, kelayakan penerima bantuan sosial dan proses pengusulan bagi warga yang belum terdaftar di dalam DTKS tetapi termasuk kriteria miskin dan orang tidak mampu (Prioritas Bansos).

Metode yang digunakan oleh Kabupaten Bulungan yaitu dengan mengadakan Sosialisasi di kecamatan langsung terkait KEPMENSOS 150/HUK/Tahun 2022 dan Kepmensos 262/HUK/2022 serta diskusi dengan tata cara pengerjaan langsung diaplikasi SIKS-NG yang dipandu oleh operator kabupaten Bulungan sehingga operator SIKS-NG Desa/Kelurahan dapat mengoprasikan aplikasi dengan akun desa masing – masing.

Sebagai informasi pemutakhirkan dilakukan setiap bulan dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Usulan PBI JK yang masuk DTKS, dilakukan tanggal 1 – 11 setiap bulannya (menyesuaikan kuota nasional);
2. Usulan penerima bantuan sosial (BPNT, PKH, BST) dan DTKS Non Bansos, dilakukan pada tanggal 15 sampai akhir bulan;
3. Penidaklayakan penerima bantuan sosial bagi penduduk yang meninggal, pindah penduduk, mampu / sejahtera, ASN/TNI/POLRI/BUMN/BUMD, dilakukan pada tanggal 15 sampai akhir bulan

Harapanannya dengan adanya pemuktahiran data secara berkala yang dilakukan oleh operator Desa/Kelurahan maka penerima bantuan sosial dapat tepat sasaran dan data menjadi akurat serta program perlindungan sosial dan pelayanan penanganan kesejahteraan sosial terlaksana dengan baik. (Yfs/Mdj/amr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button