Berita
Trending

DINSOS BULUNGAN, Berikan Penanganan Respons Kasus dan Dukungan Sosial

Asessment PPKS, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Tanjung Selor — Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui kebijakan BUPATI BULUNGAN dengan komitmenya berkonsentrasi merespon kasus dan memberikan layanan kedaruratan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Bulungan

.

Respona kasus dan layanan PPKS ini ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bulungan dengan melakukan kunjungan rumah (home visit) kepada warga Lanjut Usia dan Disabilitas Telantar serta Anak terlantar, di Rumah Sakit Daerah Tanjung Selor, Desa Wonomulyo dan Desa Sekatak Buji di Kabupaten Bulungan, Selasa (8/8/2023).

Merespon hal tersebut, Dinsos Kabupaten Bulungan melakukan tindak lanjut berupa pendampingan sosial dengan penguatan motivasi kepada PPKS dan keluarga, memberikan dukungan hak hidup layak  serta berkoordinasi dengan   pihak Desa agar segera diusulkan kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk selanjutnya bisa mengakses program-program pemerintah seperti permakanan lanjut usia dan permakanan disabilitas. Serta usulan bantuan dari pemerintah pusat berupa Atensi untuk penyandang Disabilitas dan bantuan sosial anak.

Dinsos Bulungan bersama Tim dari Kemensos Balai Budi Luhur Banjar Baru, mendatangi Asisten I Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk bersilaturahmi dan menyampaikan maksud dan tujuan dari tim dari Kemensos tersebut. Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bulungan Ferdinan, SE dan Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial berkomitme akan selalu siap dalam membantu penanganan PPKS. “Kami selalu siap dalam membantu penanganan Rehabilitasi Sosial dalam rangka mewujudkan Bulungan bermartabat, dan untuk lebih maju dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bulungan,” ujarnya.

Selain itu Dinas Sosial menghadirkan pilar-pilar sosial sebagai pendamping sosial yaitu Pekerja Sosial LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga) Kab. Bulungan, Peksos Rehabilitasi Kemensos dan Pilar Sosial lainnya TKSK dan SDM PKH.

 

adapun hasil asesment akan dilaporkan dalam tulisan kemudian.

(amr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button