BeritaUncategorized

Pembinaan Kearsipan di Dinas Sosial Kabupaten Bulungan

Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulungan

Tanjung Selor, 23 Agustus 2023, Dinas Sosial Kabupaten Bulungan menerima kunjungan kerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulungan dalam rangka monitoring dan sekaligus melakukan pembinaan kearsipan yang sesuai dengan standar. konsentrasi lebih kepada penelusuran arsip terjaga dan pendataan arsip statis/permanen.

Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulungan selaku Lembaga Kearsipan Daerah mempunyai tugas dan tanggungjawab melaksanakan pembinaan kearsipan kepada seluruh OPD se Kabupaten Bulungan. Pembinaan kearsipan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22-23 Agustus 2023. Utusan dan Arsiparis yang ditugaskan dalam kegiatan tersebut yaitu Bahmit Dina Waluyo Oetomo selaku Kepala Bidang Pengelolaan Arsip, Mujiati selaku Arsiparis Ahli Muda, Hayani Wulandari selaku Penyuluh Kearsipan. Sedangkan dari Dinas Sosial, pembinaan kearsipan dihadiri oleh Kasubbag Umum Kepegawaian dan Ibu Martini djumianti, S.Sos selaku perwakilan Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, Ibu Yuni Haryani selaku perwakilan dari Bidang Dayasos dan FM.

Proses pembinaan lebih menekankan pada praktek secara langsung. Perwakilan petugas pengelola arsip dari masing-masing bidang diminta berperan secara aktif untuk melakukan pemberkasan arsip aktif dan statis/permanen dengan belajar membuat daftar berkas dan daftar isi berkas. Praktek pemberkasan arsip berlangsung dengan lancar dan antusias. Adapun tujuan pemberkasan arsip adalah:

  1. Untuk menata arsip sesuai dengan klasifikasi arsip sehingga lebih mudah disajikan
  2. Memudahkan penemuan kembali arsip/ berkas secara cepat dan tepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.
  3. Menyusun berkas sesuai dengan pengelompkan subyek sub masalah dan sub-sub masalah.

Berdasarkan hasil monitoring dan pembinaan, maka perlu pembenahan kembali tentang pengelolaan arsip di Dinas Sosial Kabupaten Bulungan karena masih terdapat kekurangan. Sebagai tindak lanjut pembinaan kearsipan, kedepan akan direncanakan monitoring atas pengelolaan arsip di Dinas Sosial Kabupaten Bulungan sehingga tujuan pembinaan kearsipan secara keseluruhan dapat tercapai.

(amr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button